Mari Mengenal Perjanjian Lama: Suatu Pengantar Ringkas | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Mari Mengenal Perjanjian Lama: Suatu Pengantar Ringkas


Kategori: Resensi Buku Cetak, Biblika

Judul asli : --
Penulis : Dr. David L. Baker
Penerjemah : --
Penerbit : PT. BPK Gunung Mulia, Jakarta 1997
Ukuran buku : 14,5 x 21 cm
Tebal : 126 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 58/2010

Perjanjian Lama (PL) adalah kumpulan kitab yang ditulis sebelum masa kelahiran Yesus. Jika demikian maka muncullah satu pertanyaan, apakah isi PL itu masih perlu dipelajari pada zaman modern seperti sekarang ini? Tentu saja! PL pun adalah firman Tuhan mengenai kebesaran Allah dan juga nubuat kedatangan sang Mesias. Perjanjian Baru (PB) pun banyak mengutip ayat-ayat dari PL. Sayangnya, beberapa orang Kristen masih kurang tertarik untuk mengenal isi dan makna dari kitab-kitab PL. Padahal, dalam cerita-cerita PL terkandung kekayaan doktrin mengenai Allah. Biasanya alasan orang malas mempelajari PL adalah karena PL hanya berisi cerita-cerita zaman nabi dan juga sulit untuk dimengerti maksudnya. Nah, untuk membantu agar kita tertarik dan dapat mengenal Allah lebih lagi melalui Perjanjian Allah ditulislah buku "Mari Mengenal Perjanjian Lama: Suatu Pengantar Ringkas". Tujuannya bukan untuk menggantikan Alkitab, namun menjadi pendamping bagi para pembaca yang ingin menggali PL lebih dalam lagi.

Di bagian depan buku ini terdapat daftar singkatan layaknya sebuah kamus yang cukup membantu. Saat Anda menelisik buku ini lebih dalam, Anda akan menjadi seperti seorang petualang yang akan memasuki suatu daerah yang sangat luas dan buku inilah peta petunjuk yang Anda butuhkan. Buku ini diawali dengan penjelasan keberadaan PL yang diikuti dengan penjelasan lima kitab Taurat yang dilihat dari segi sejarah dan linguistik. Terdapat pula penjelasan tentang kitab nubuat dan diakhiri dengan penjelasan tentang nabi-nabi kecil. Buku ini membantu Anda menggali isi PL yang begitu banyak dan panjang dengan cara yang sedikit "instan". Namun perlu diperhatikan juga, meskipun buku ini cukup lengkap menggambarkan keseluruhan PL, Anda tetap memerlukan alat bantu yang lain jika Anda ingin mendapatkan hasil yang semakin optimal. Alat bantu yang dimaksud antara lain: Alkitab berbagai versi, atlas/peta Alkitab, buku tafsiran, ensiklopedia Alkitab, konkordansi Alkitab, dst..

Menariknya, Dr. David L. Baker bukan hanya menguraikan penjelasannya namun juga mengajak Anda berperan aktif dengan mengerjakan tugas/soal-soal yang terlampir. Ditambah lagi daftar kepustakaan yang mencantumkan buku-buku referensi lain pada bagian akhir buku, dapat membantu Anda menyediakan alat yang Anda butuhkan. Dengan begitu Anda akan semakin termotivasi untuk mengenal Alkitab.

Peresensi: Theo Pilus Candra

Komentar