Mahir Membaca untuk Anak-Anak | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Mahir Membaca untuk Anak-Anak


Kategori: Artikel

Apakah yang dimaksud mahir membaca? Jika hal ini terjadi di bawah sadar, bagaimana seorang pembaca bisa tahu kapan ini terjadi? Mari kita melihat lebih dekat pada tiga ciri penting ini.

1. Masuk akal.

Pembaca mahir berfokus pada makna (pesan) yang penulis coba sampaikan, bukan pada mekanisme proses membaca. Pada dasarnya mereka mengerti apa yang mereka baca. Jika tidak, mereka menyadari bahwa ini disebabkan mereka kurang memiliki informasi kunci.

2. Nyaman.

Pembaca mahir menjalani proses membaca sebagai kegiatan yang tidak memerlukan banyak usaha. Ketimbang berfokus untuk mengerti mekanisme proses membaca, mereka lebih suka mengulang kembali pesan penulis, seolah-olah penulis sedang membacakan sebuah cerita atau menjelaskan suatu konsep kepada mereka.

3. Alami.

Membaca dengan mahir, jika dilakukan dengan suara keras tetap terdengar alami bagi pendengar. Mereka tidak hanya membaca dengan suara keras, tetapi juga menggunakan gerakan tubuh dalam menyampaikan ide atau suara penulis, sehingga terdengar alami dan lancar seolah-olah itu sebuah percakapan.

Saat seorang anak, secara tidak sadar, mengerti pentingnya ketiga ciri tersebut, ia akan mampu menentukan ukuran yang tepat sehingga mereka bisa menilai usaha mereka dalam membaca. Pada usia berapa anak Anda harus menentukan dan menggunakan ukuran tersebut? Hal ini tergantung pada perkembangan bahasa anak Anda dan kapan dia memiliki keinginan dari diri sendiri untuk mengetahui proses membaca, yang berbeda untuk masing-masing anak. Setelah menetapkan ukuran, anak Anda akan tergerak mencari cara untuk merangsang otaknya dalam memahami proses mahir membaca yang rumit.

Seorang anak yang tidak tahu hal-hal yang bisa membantu membaca dengan mahir, ia tidak bisa menetapkan ukuran. Bahkan ukuran yang dimilikinya ada di bawah standar mahir. Dengan menetapkan ukuran di bawah standar, seorang anak membiasakan otaknya melakukan proses yang keliru. Inilah yang membedakan antara orang yang mahir membaca dan orang yang sulit membaca. Dalam mengembangkan proses membaca, seorang anak yang diharapkan menjadi pembaca mahir tidak akan menetapkan standar lebih rendah. Ia akan menciptakan suasana yang nyaman untuk membaca. Dengan demikian, anak-anak sedikit demi sedikit membangun sirkuit saraf yang dirancang secara khusus untuk menghasilkan kemampuan membaca dengan mahir. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Judul buku : Read Right! (Coaching Your Child To Excellence in Reading)
Judul asli artikel : The Definition of Excellent Reading
Penulis : Dee Tadlock, Ph.D. dengan Rhonda Stone
Penerbit : McGraw-Hill, New York 2005
Halaman : 64 -- 65

Komentar