Liburan? Mari Membaca Lebih Banyak! | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Liburan? Mari Membaca Lebih Banyak!


Kategori: Kiat-kiat

Beberapa orang memang gemar membaca, tetapi tak jarang juga ada orang yang kesulitan untuk membaca banyak buku. Berikut adalah beberapa tip bagi Anda untuk bisa membaca lebih banyak buku dan menikmati buku yang Anda baca. Tip membaca ini juga dapat bermanfaat untuk liburan Anda pada akhir tahun ini.

  1. Mulai membaca.

  2. Jika ingin membaca banyak buku, langkah pertamanya tentu saja dengan membaca. Bagi Anda yang tak suka membaca, kemungkinan Anda harus memaksa diri Anda untuk membaca. Cara termudah adalah menyisihkan waktu khusus untuk membaca, misalkan setiap hari Minggu, dua hari sekali, pada malam hari, atau lainnya. Temukan satu buku yang sangat menarik bagi Anda. Jika tak suka dengan buku tebal, pilih yang lebih tipis, temukan buku dengan cover yang menarik bagi Anda dan lainnya.

  3. Pilih topik yang luas.

  4. Salah satu alasan orang malas membaca adalah karena mereka memilih topik yang sempit. Hal yang membuat mereka berputar-putar di satu titik dan membuat bosan. Jika Anda termasuk orang yang mudah bosan dan tak suka membaca, sebaiknya pilih bacaan yang tidak terlalu fokus ke satu hal saja. Coba baca hal-hal di luar bidang yang Anda minati untuk menambah pengetahuan.

  5. Pilih buku dengan hati-hati.

  6. Benar, hati-hatilah ketika memilih buku. Salah pilih bisa membuat Anda bosan dan tak ingin membaca lagi. Sebaiknya, pilih buku berdasarkan kategori sehingga Anda bisa merencanakan buku apa yang ingin Anda baca selanjutnya.

  7. Berinteraksi dengan buku.

  8. Buku tak hanya untuk dibaca, tetapi juga dipelajari. Ketika membaca buku, jangan menjadi pembaca yang pasif. Anda boleh mendebat apa yang dituliskan oleh pengarang, meragukannya, atau bahkan menanyakan kebenaran tulisannya. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat membaca buku karena otak Anda ikut bekerja dan berinteraksi dengan buku tersebut. Setelah itu, temukan dari sumber lain hal yang menunjang pendapat pengarang atau pendapat Anda sendiri.

  9. Baca buku berbobot.

  10. Tentu saja, siapa yang tidak takut melihat buku setebal 600 halaman lebih di rak? Anda mungkin berpikir apa bisa membaca semuanya. Namun, terkadang Anda harus meluangkan waktu untuk membaca buku-buku tebal yang berbobot dan serius itu. Tentu saja tak usah langsung habis atau membacanya dengan cepat. Namun, membaca buku berbobot bisa memberikan pelajaran pada Anda serta menumbuhkan kebiasaan membaca yang rutin.

  11. Baca buku ringan.

  12. Jika bosan dengan buku yang sedang Anda baca, tak ada salahnya berhenti sejenak dan membaca buku yang lebih ringan, misalkan novel yang tipis atau kumpulan cerpen. Cerita-cerita fiksi akan menyegarkan pikiran Anda dan membuat imajinasi Anda lebih kreatif.

  13. Baca buku baru.

  14. Perhatikan buku-buku yang baru terbit dan populer. Dengan begitu, Anda tak akan pernah ketinggalan berita. Mengetahui buku yang populer, baru, dan menjadi "best seller" akan memberikan Anda pertimbangan untuk membacanya atau tidak. Lagi pula, dengan mengawasi buku-buku baru yang terbit, Anda tak akan ketinggalan berita mengenai buku-buku yang sedang tren dan bagus.

  15. Baca buku lama.

  16. Meski membaca dan mengikuti buku baru juga penting, membaca buku lama juga dapat memberi Anda banyak manfaat. Dalam buku-buku lama, Anda juga bisa mendapatkan banyak pelajaran. Agar tak bosan, cobalah untuk membaca satu buku lama setiap dua buku baru terbit.

Itulah beberapa tip untuk membaca buku lebih banyak dan lebih baik. Selamat membaca!

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : Merdeka
Alamat URL : http://www.merdeka.com
Judul asli artikel : 8 Tips untuk membaca lebih banyak buku
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 23 Oktober 2013

Komentar