Komik Kitab Suci | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Komik Kitab Suci


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Komik Kitab Suci: Seri Keempat
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Lee, YoungSin
Penerjemah : Yayasan InI
Editor : --
Penerbit : Yayasan InI, Salatiga 2009
Ukuran buku : 13,2 x 19 cm
Tebal : 225 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku edisi 78/2011

Sebelum naik ke surga, Tuhan Yesus meminta murid-murid-Nya untuk memberitakan Kabar Baik sampai ke ujung bumi. Ada banyak cara untuk melaksanakan Amanat Agung Allah di zaman sekarang ini, seperti menceritakan Kabar Baik dari mulut ke mulut, melalui tulisan, traktat, cerita Alkitab bergambar, komik Alkitab, dan internet.

Saat ini, keberadaan buku cerita Alkitab versi komik sudah cukup banyak. Salah satu contohnya buku karya Lee YoungSin, seorang sarjana Fakultas Bahasa Korea di Universitas Dangook dan Akademi Korean Studies, yang berjudul "Komik Kitab Suci". Awalnya, komik ini ditulis dalam bahasa Korea. Komik ini berisi cerita raja-raja besar Israel -- Daud dan Salomo, yang didasarkan pada kitab 1 Raja-Raja, nabi-nabi Perjanjian Lama seperti Natan, Elia, dan Elisa.

Salah satu kelemahan buku ini adalah cerita yang disajikan tidak memiliki alur yang jelas. Dengan demikian, cerita yang disampaikan langsung mengalir begitu saja. Gambar yang digunakan untuk pelengkap cerita juga kurang menarik, karena hanya berupa gambar hitam putih (tidak berwarna). Selain itu, isi komik ini juga tidak dengan serius menceritakan kisah yang tertulis dalam 1 Raja-Raja karena ada beberapa modifikasi yang ditambahkan dalam ceritanya. Sebagai contoh, rakyat pada masa pemerintahan Salomo sudah mengenal telepon dan DVD. Padahal faktanya pada saat itu, mereka belum mengenal alat-alat elektronik semacam itu. Terdapat juga bahasa yang "kurang baik", yang digunakan dalam komik ini. Untuk itu, anak-anak tetap perlu didampingi saat membaca buku ini.

Sebagai informasi tambahan, selain komik ini, Lee YoungSin juga menulis buku tentang "Puzzel Kata-kata Alkitab", "Komik Kitab Suci" (Kejadian sampai 2 Raja-Raja dan Kehidupan Yesus serta Kisah Para Rasul) dan "Guk Su".

Peresensi: Ami Grace Y.

Komentar