Knowing God | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Knowing God


Kategori: Kesaksian

Bulan lalu saya baru selesai baca buku Knowing God yang ditulis oleh J.I. Packer. Biarpun saya sudah sering membaca kutipan-kutipan tentang buku ini dari banyak penulis yang lainnya, tetapi baru kali ini saya baca sendiri buku ini. Bagi saya, isi buku Knowing God ini luar biasa padat. Selama membaca buku ini, saya hanya bisa mengatakan kepada diri sendiri: "Betapa dangkalnya saya sebenarnya mengenal Tuhan yang sangat bermurah hati untuk mau mengenal kita." Buku ini bukan hanya perlu dibaca berulang kali, bahkan layak untuk dipelajari dengan benar, karena banyak doktrin yang sangat solid (at least it is for me, but don't take my words). Selesai membaca, saya hanya bisa dengan malu mengaku, "How little have I known God!" Buku ini membuat malu buku-buku yang hanya berbicara tentang tujuan hidup. Buat apa mengetahui tujuan atau segala cara atau metode, tetapi tidak mengenal dan tidak mau mengenal Tuhan yang sebenarnya, tapi malah "Tuhan" yang disesuaikan dengan kemauan manusia sendiri?

Saya teringat kata-kata Tuhan Yesus yang berulang kali mengingatkan diri saya sendiri: "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" (Matius 7:21-23).

Packer juga mengatakan bahwa yang utama bukanlah kita mengenal Tuhan tetapi kenyataan bahwa Dia mengenal kita (p. 45). Namun demikian, hal pertama yang harus kita miliki adalah kemauan untuk mengenal Dia dan kesadaran bahwa kita sangat kekurangan atas pengetahuan Tuhan atau knowledge of God (p. 33).

Di beberapa pasal buku ini, Packer juga membahas mengenai "the jealousy of God, the judgement of God, dan the wrath of God." Topik- topik seperti ini sangat sedikit atau sama sekali tidak dibahas di buku-buku Kristen yang populer di zaman sekarang, yang lebih senang membahas karakter-karakter Tuhan (yang juga dibahas oleh Packer) mengenai love, wisdom, immutability, majesty, dan grace. St. Augustine mengatakan kira-kira seperti ini: Kalau kita yang menentukan apa yang benar dan apa yang salah di Alkitab, kita bukan percaya kepada Tuhan tetapi kepada diri sendiri. Saya kira ini sama halnya jika kita hanya memilih karakter-karaker yang kita suka tentang Tuhan dan tidak peduli dengan karakter-karakter Dia yang tidak kita suka. Sikap seperti itu menunjukkan bahwa kita tidak mengenal Tuhan yang sebenarnya, tetapi sebaliknya lebih percaya kepada diri sendiri. Walau pada hakikatnya tanpa pengenalan akan Tuhan kita tidak akan dapat mengenal diri sendiri, karena Tuhan adalah sumber (the source) untuk kita mengenal segalanya. "Seperti yang dikatakan orang, 'Kita hidup dan bergerak dan berada di dunia ini karena kekuasaan Dia'" (Kisah Para Rasul 17:28, BIS).

Info Buku:

Judul Buku : Knowing God
Edisi : Kedua
Penulis : J.I. Packer
Penerbit #2 : Hodder & Stoughton, London
ISBN : 0340604085
Dimensi : 11 cm x 17,5 cm x 2 cm
Halaman : 317 Halaman; Ditambah 28 Halaman Study Guide
Bahasa : Inggris
Penerbit #1 : InterVarsity Press, Augustus 1993
ISBN : 0830816496

Sumber:


[Kiriman dari: Sdr. Wong Wie Kiong < wwktina(at)... >

Komentar