Kierkegaard | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Kierkegaard


Kategori: Biografi, Resensi Buku Cetak

Judul buku : Seri Tokoh Pemikir Kristen: Kierkegaard
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Peter Vardy
Penerjemah : P. Hardono Hadi
Editor : --
Penerbit : Kanisius, Yogyakarta 2001
Ukuran buku : 20,5 x 13,5 cm
Tebal : 114 halaman
ISBN : 979-21-0105-5
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 138/2014

Buku yang diberi judul "Kierkegaard" ini adalah salah satu buku Seri Tokoh Pemikir Kristen yang diterbitkan oleh Penerbit Kanisius. Buku ini tidak ditulis semata-mata untuk menceritakan biografi Soren Kierkegaard saja, melainkan juga memperkenalkan buah pikiran dan karya-karyanya. Dengan membaca buku ini, kita diajak untuk merefleksikan kehidupan Kierkegaard dengan kehidupan kristiani kita. Dengan demikian, buku ini bukan hanya dijadikan buku sejarah atau biografi, melainkan menjadi alat untuk memotivasi kita dalam membangun kerohanian.

Seperti buku biografi pada umumnya, bab pertama buku ini dimulai dengan memaparkan data dan fakta tentang riwayat hidup Kierkegaard. Namun, yang mengejutkan, penulis hanya menghabiskan delapan halaman untuk menceritakan tentang kehidupan pribadi Kierkegaard! Beranjak dari riwayat hidup sang tokoh, penulis dengan cepat membawa pembaca lebih jauh lagi ke kedalaman pikiran Kierkegaard. Jika pada bab 1 penulis memunculkan Kierkegaard sebagai seorang yang melankolis, rumit, dan emosional, pada bab-bab berikutnya, pembaca dibawa untuk melihat bahwa sifat-sifat itulah yang mendorong sang filsuf untuk berkarya. Dari bab 2 sampai bab 10, penulis menyajikan pergumulan Kierkegaard dalam mencari kebenaran; mulai dari pergumulannya dalam membandingkan antara Yesus dan Sokrates, pergumulannya dalam mencari kebenaran yang sejati, perjuangannya dalam mengkritisi filsafat Kristen yang mendominasi zamannya, sampai ke dalam perlawanannya terhadap institusi gereja Denmark, yang saat itu dinilainya telah melenceng dari tujuan Allah. Dalam sembilan bab itu, penulis dengan panjang lebar namun lugas, menjabarkan pemikiran Kierkegaard dan sepak terjangnya dalam menyatakan pemikirannya kepada masyarakat Kristen pada saat itu.

Di akhir buku ini, penulis menyatakan bahwa buku yang relatif tipis ini tentu tidak dapat menampung seluruh pemikiran dan filsafat yang dibangun oleh Kierkegaard. Karena itu, penulis melampirkan sebuah daftar bacaan yang ia rekomendasikan untuk ditelaah lebih lanjut oleh pembaca. Buku ini disajikan dan diterjemahkan dengan sangat baik, dan cocok bagi Anda yang mau menantang diri untuk berani menilai kembali gaya hidup kristiani Anda.

Peresensi: Yudo

Komentar