Khotbah Itu Indah Khotbah Itu Mudah | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Khotbah Itu Indah Khotbah Itu Mudah


Kategori: Homiletika/Khotbah, Resensi Buku Cetak

Judul buku : Khotbah Itu Indah Khotbah Itu Mudah
Judul asli : --
Penulis/Penyusun : Thomas Eny Marsudi
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Gloria Graffa, Yogyakarta 2010
Ukuran buku : 15 x 22 cm
Tebal : 292 halaman
ISBN : 978-602-8139-57-1
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 122/2013

Ketika Anda mengikuti ibadah di gereja atau persekutuan, apakah khotbah yang Anda dengar mengupas ayat-ayat Alkitab dengan mendalam? Khotbah macam apa dan bagaimana cara pengkhotbah menyampaikan isi khotbahnya kepada jemaat? Bagi Anda, para pengkhotbah, metode khotbah apa yang sering Anda gunakan dalam menyampaikan uraian firman Tuhan? Ketika kita berbicara tentang khotbah, ada banyak ekspektasi yang kita ciptakan. Namun, mungkin tidak semua harapan kita terjawab melalui khotbah yang kita dengar atau sampaikan. Sebetulnya, apakah menyiapkan khotbah yang alkitabiah itu sulit?

Beranjak dari kebutuhan jemaat dan lebih-lebih para pengkhotbah, Thomas Eny Marsudi mendapatkan ide untuk menyusun buku yang diharapkan dapat menolong pembaca untuk mempersiapkan khotbah yang alkitabiah, memberi semangat, dan menggugah iman. Buku ini memiliki enam bagian utama yang semuanya terdiri atas tujuh subbab yang saling melengkapi. Bagian-bagian yang dimaksud mencakup Tujuh Khotbah Pertumbuhan Iman, Tujuh Khotbah Kehidupan Sehari-hari, Tujuh Khotbah Keluarga, Tujuh Khotbah Hari Raya Kristiani, Tujuh Khotbah Penggembalaan, dan diakhiri dengan Cara Membuat Khotbah. Ketika Anda membaca buku ini, Anda dapat melihat pola penjelasan yang dipaparkan oleh penulis dengan jelas. Penulis menyusun masing-masing bab dengan mendasarkan pokok pembicaraannya pada nas Alkitab, lalu diikuti pendahuluan, penjelasan, penerapan, dan mengakhirinya dengan kesimpulan. Jika ditinjau dari segi penggunaan bahasa, penulis mengomunikasikan ide pikirannya dengan bahasa yang lugas dan sederhana. Satu hal yang pasti, yang membedakan buku ini dari buku-buku yang lain, adalah adanya bagian khusus yang mengaplikasikan penjelasan yang sudah diuraikan sebelumnya. Dengan demikian, pembaca bisa langsung mempraktikkan ilmu yang diperoleh dari membaca buku ini.

Setelah membaca buku ini, Anda kemungkinan besar tidak akan lagi kebingungan untuk mempersiapkan khotbah. Dengan tetap memohon hikmat Allah dan banyak berlatih, niscaya Anda akan mengatakan bahwa "Khotbah itu Indah, Khotbah itu Mudah". Selamat membaca!

Peresensi: S. Setyawati

Komentar