Kesulitan Membaca | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Kesulitan Membaca


Kategori: Artikel, Kesaksian

Umur dan kecepatan anak-anak dalam belajar membaca sangat beraneka, seperti juga dalam kebanyakan aspek perkembangan lainnya. Kebanyakan anak belajar membaca antara usia 3-8 tahun. Bagi beberapa orang proses untuk menjadi pembaca memerlukan waktu 2 atau 3 tahun. Bagi yang lain segala-galanya berjalan lancar sehingga dalam 6 bulan mereka dapat menjadi pembaca yang bersemangat dan tidak bergantung kepada orang lain.

Tetapi dalam persentase kecil anak-anak memang mengalami kesulitan-kesulitan tertentu dalam belajar membaca. Ada sejumlah sebab yang mungkin.

Kapan harus mengkhawatirkan?

Karena banyaknya variasi dalam umur dan kecepatan anak-anak dalam belajar membaca; seringkali sukar bagi orang tua untuk mengetahui kapan harus memprihatinkan maju tidaknya pelajaran anaknya.

Jangan risau bila anak Anda belum berumur 7 tahun. Jika pada usia ini tidak ada kemajuan, Anda perlu mengambil beberapa langkah. Tidaklah masuk akal untuk menganggap bahwa jika masalah ini diabaikan akan hilang dengan sendirinya. Dengan bertambahnya usia akan makin sulit untuk menangani masalah membaca mereka.

Apa yang harus dilakukan?

Periksalah apakah Anda sudah memberikan dukungan dan dorongan yang benar kepada anak Anda dan jangan mengharapkan yang tidak mungkin mengenai anak Anda. Jika Anda masih merisaukan, beri tahu guru anak Anda dan buatlah janji untuk bertemu dengan kepala sekolah untuk membahas situasi itu dengan dia. Jika tampaknya ada masalah baca yang parah ia mungkin menyarankan, atau Anda dapat meminta suatu penilaian oleh seorang pakar psikologi pendidikan.

Diambil dan disunting dari:

Judul buku : Membantu Putra Anda
Belajar Membaca
Penulis : Betty Root M.B.E
Penerjemah : A. Hadyana Pudjaatmaka Ph.D.
Penerbit : Periplus, Jakarta 1995
Halaman : 44

Komentar