Kerajaan Allah dan Muslim Tradisional | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Kerajaan Allah dan Muslim Tradisional


Kategori: Resensi Buku Cetak

Judul buku : Kerajaan Allah dan Muslim Tradisional
Judul asli : Muslims, Magic and the Kingdom of God: Church Planting among Folk Muslims
Penulis/Penyusun : Rick Love
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : William Carey Library, Kalifornia, 2000
Ukuran buku : 14,2 x 20,5 cm
Tebal : 233 halaman
ISBN : BV2625.L68 2000
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 102/2012

Tema terpenting dalam Alkitab adalah Kerajaan Allah. Pesan itulah yang disampaikan oleh Yesus dan para rasul-Nya. Tetapi, mengapa sering kali pesan itu tidak tersampaikan dengan baik kepada kalangan Muslim tradisional, terutama apabila dibawakan oleh para pekerja dari Barat? Dalam bukunya ini, Rick Love mencoba menjelaskan apa yang tidak diajarkan di sekolah-sekolah teologi dan badan-badan misi dalam menghadapi realitas yang dihidupi oleh sekitar tiga perempat Muslim di dunia, yang menggabungkan animisme dengan iman mereka: sihir.

Buku yang diberi judul asli "Muslims, Magic and the Kingdom of God" ini mencoba menyoroti betapa akrabnya masyarakat Muslim, yang notabene berbudaya Timur, dengan dunia roh dan "kuasa" adikodrati (baik itu sihir putih, sihir hitam, ramal, jimat, dukun, mantera, dsb.). Rick Love mengungkapkan, betapa terabaikannya dunia spiritual serta maksud jahat Iblis dari pemahaman kaum injili maupun masyarakat Barat pada umumnya, yang mengandalkan pemikiran mekanistik/logika. Pembaca dapat dibantu untuk memahami, sekaligus memberikan strategi dan pendekatan yang dapat dilakukan untuk menjembatani kekontrasan kenyataan ini. Tidak hanya menjelaskan melalui contoh-contoh pada masa kini saja, namun Rick Love juga mengambil empat model "perjumpaan kuasa" dalam Kisah Para Rasul. Empat model tersebut dapat menjadi landasan bagi para perintis gereja yang diperhadapkan dengan masalah ini, untuk menerangkan teologi Kerajaan Allah kepada orang-orang seperti mereka. Ia juga mencontohkan bagaimana Paulus mengontekstualisasikan metodologi pemberitaan Kerajaan Allah, ketika ia mengabarkan Injil dan mendirikan gereja-gereja di antara orang-orang yang percaya akan adanya roh-roh jahat. Buku ini tersusun atas 12 bab yang cukup panjang dan selalu disertai catatan kaki di bagian bawah buku.

Dalam masing-masing bab, ia memberikan pertanyaan-pertanyaan refleksi dan diskusi, sehingga topik-topik yang dikupas dapat dibahas bersama di dalam suatu kelompok. Selain itu, pada akhir buku ini disertakan pula sebuah lampiran cetak biru model perintisan gereja di tengah-tengah masyarakat tradisional yang masih percaya pada hal-hal magis. Walaupun kita yang berlatar belakang budaya Timur mungkin sudah akrab dengan dunia yang dibahas oleh Rick Love ini, namun dengan membaca buku ini kita akan semakin memahami cara berpikir orang-orang yang tinggal di sekitar kita, yang masih percaya akan hal-hal supraalami semacam ini. Akan tetapi, harapannya adalah kita bukannya terjebak dalam memandang hal ini sebagai suatu hal yang biasa, tetapi kita dapat menggunakan celah ini untuk menyampaikan tentang berita kebenaran dan Kerajaan Sorga bagi mereka.

Peresensi: Kusuma Negara

Komentar