Iklan bagi Anak Hilang | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Iklan bagi Anak Hilang


Kategori: Resensi Buku Cetak, Hidup Kristen

Iklan bagi Anak Hilang
Judul asli  :  --
Penulis  :  Pdt. Eka Darmaputera, Ph.D.
Penerjemah  :  --
Penerbit  :  Gloria Graffa, Yogyakarta 2002 (Cet. ke-1)
Ukuran buku  :  12 x 19 cm
Tebal  :  151 halaman
Sumber  :  Pub. e-Buku edisi 26/2007

"Ia memang telah melakukan tindakan yang amat bodoh .... Namun, jangan ia dikutuki terlalu sangat. Sebab si anak hilang itu amat boleh jadi adalah Anda dan saya sendiri, yang kerap merasa pintar dan merasa benar, namun tanpa sadar telah melakukan tindakan-tindakan bodoh" (hal. 115).

Tulisan tersebut adalah sepenggal kalimat dari kumpulan renungan yang ditulis oleh almarhum Pdt. Eka Darmaputera. Dari gaya bahasa yang digunakan, dapat diketahui bahwa penulis merupakan sosok yang cukup tegas dalam memaparkan tulisannya. Namun di lain pihak, penulis juga merupakan sosok "pengajar" yang sabar dan memiliki hati yang penuh kasih dalam mengajar "anak-anak" didikannya.

Buku kecil ini merupakan kumpulan renungan seputar keluarga, gereja, dan masyarakat yang dirancang buat Anda, khususnya yang saat ini sedang mencari sebuah "jawaban" atas pergumulan yang sedang dihadapi. Selain itu, buku ini merupakan sebuah sentilan dan tantangan penulis bagi kita untuk melakukan introspeksi dan koreksi terhadap diri sendiri.

Buku ini terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama membahas seputar masalah keluarga. Secara garis besar, bagian pertama ini membahas masalah hubungan antara orang tua dengan anak, remaja dan permasalahannya, serta bagaimana orang tua dapat menjadi teladan bagi bagi anak-anaknya. Pada bagian kedua, gereja dan masalah-masalah yang sering diperdebatkan di dalam gereja menjadi pokok bahasan. Dan bahasan terakhir mengangkat masyarakat, termasuk di dalamnya gaya hidup dan persoalan yang sering terjadi di masyarakat.

Yang menarik dari buku ini adalah semua topik yang dijabarkan merupakan sebuah fakta dari sebuah permasalahan yang sering kita jumpai di masyarakat. Selain itu, lewat buku ini penulis memberikan sebuah solusi dengan bijaksana tanpa menghakimi pihak mana pun, dengan pemaparan yang cukup tegas dan lugas sehingga membuat para pembacanya dapat dengan mudah memahami isi dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis.

Peresensi: Novita Yuniarti

Komentar