Hubungan Cinta Sepanjang Hayat | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Hubungan Cinta Sepanjang Hayat


Kategori: Artikel

Membacakan buku dengan suara keras kepada anak, dapat memberikan pesan yang sangat kuat. Tanpa kata-kata, Anda menyatakan, "Ayah/Ibu tidak sedang mencuci mobil atau membaca koran atau menonton televisi. Ayah/Ibu duduk di sini bersamamu, membaca cerita tentang seekor anjing kecil yang tidak dikenali keluarganya lagi karena bulunya kotor. Ayah/Ibu senang duduk di tempat tidur bersamamu, berbagi keasyikan, kekhawatiran, dan keakraban dari momen ajaib ini. Kamu adalah pusat dunia Ayah/Ibu."

Dan ketika Anda menunduk memandang mata berbinarnya, tanpa keraguan apa pun, Anda akan tahu bahwa Anda adalah pusat dunia anak Anda.

Ungkapan cinta ini membentuk asosiasi antara anak dan buku. Kata "buku" membangkitkan kebahagiaan. Ketika anak meraba, melihat, dan mencium bau buku, untuk selamanya mereka akan mengaitkannya dengan kehangatan, rasa aman, dan cinta. Anda telah menyemaikan hubungan cinta sepanjang hayat antara anak dan membaca.

Bandingkan ini dengan anak yang memunyai pengalaman pertama berupa rasa malu dan kegagalan, selagi mereka bergulat dengan kata-kata yang tidak mengandung makna atau kegembiraan.

Pastikan bahwa kata "buku" mendapatkan tanggapan sebesar dan seemosional kata "ulang tahun". Sebagian orang sudah membacakan buku kepada bayi yang masih dalam kandungan. Anda mungkin menganggap itu sedikit berlebihan, tetapi pastikan untuk memulai sebelum anak bisa berbicara. Belilah buku kain seperti "Winnie the Pooh" dari Disney, yang dikemas bersama mainan lunak untuk bayi dari lahir hingga usia 9 tahun. Atau belilah buku yang terbuat dari kertas karton. Biarkan bayi Anda menggigit, menarik, dan merobeknya.

Tersedia ratusan buku yang juga berfungsi sebagai mainan. Buku seperti ini bisa mengapung atau berjalan (karena beroda). Ada juga yang berbentuk hamburger atau kubus. Bahkan, ada yang menciap-ciap atau berbicara ketika ditekan. Ada buku yang ketika dibuka, gambarnya mencuat seperti bunga mengembang. Atau buku sepanjang satu meter ketika dibuka lipatan-lipatannya. Selain itu, ada buku yang bisa membentuk diri menjadi mainan berputar, yang bisa digantung di langit-langit. Ada halaman-halaman yang bisa diendus baunya dan ada pula yang dilengkapi kelopak untuk disingkapkan. Naga dan monster kertas melompat keluar dari halaman seolah-olah mereka hidup.

Buku-buku ini bisa menjadi sarana pengenalan yang fantastis bagi si kecil. Minta, pinjam, atau tukar-menukar. Yang penting Anda harus mendapatkannya. Tampaknya memang hanya mainan, tetapi benda-benda ini membangkitkan kecintaan membaca. Pesan yang disampaikan bagi pembaca dini adalah "buku itu mengasyikkan".

Diambil dan disunting seperlunya dari

Judul asli buku : The Reading Bug ... And How You Can Help Your Child to Catch It
Judul buku terjemahan : Agar Anak Anda Tertular "Virus" Membaca
Judul : Membacakan Buku untuk Anak: Hubungan Cinta Sepanjang Hayat
Penulis : Paul Jennings
Penerjemah : Ary Nilandari
Penerbit : Penerbit MLC, Bandung 2006
Halaman : 39 -- 42

Komentar