Hemat Ruang untuk Koleksi Buku | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Hemat Ruang untuk Koleksi Buku


Kategori: Artikel

Semakin hari kebutuhan hiburan dan perkembangan informasi pengetahuan terbaru semakin tinggi. Dan bukulah yang mampu menjadi sarana untuk menjawab kebutuhan itu. Tak heran bila kegiatan membaca dan mengoleksi aneka buku mendapat tempat sendiri dalam kebiasaan mayoritas keluarga di Indonesia.

Sayangnya, hobi membaca kerap tidak diimbangi dengan tempat penyimpanan buku yang layak. Banyak buku dibiarkan tersebar di penjuru rumah, digeletakkan sembarangan di kamar tidur, bahkan hanya ditumpuk di sudut ruang. Padahal sebenarnya jika ada rak buku, itu bisa menjadi tempat penyimpanan koleksi Anda sekaligus mempercantik ruangan.

Banyak yang beranggapan bahwa rak buku tidak menghemat ruang. Padahal pandangan itu tidak menjadi kendala, bila Anda dapat berkreasi menciptakan rak buku sesuai luas ruang dan selera.

Pada rumah berukuran kecil, Anda bisa memanfaatkan rak buku sebagai sekat antar ruang, terlebih antara ruang tamu dengan ruang keluarga. Untuk itu, Anda bisa memilih dan membuat tampilan model rak minimalis berbahan kayu atau plat besi ramping yang menimbulkan kesan ringan dan tidak masif.

Pilihan rak gantung bisa menjadi alternatif menarik di rumah mungil atau luas sekalipun. Ia tidak menempel pada dinding dan tidak memunyai kaki. Lewat kehadirannya, akan memberikan tampilan yang lebih ringan dan tidak membuat ruang tampak penuh. Rak gantung dapat disusun dalam beberapa tingkat dan bersifat fungsional. Pasalnya, di bagian bawahnya dapat digunakan untuk meletakkan perabot meja tulis atau sofa.

Bila rumah Anda memiliki langit-langit yang tinggi, Anda dapat memanfaatkan ruang di bawah atap (attic) dengan memberikan ruang tambahan yang disebut mezanin. Pada mezanin, Anda dapat meletakkan koleksi buku di rak secara berjajar atau menyulap ruang itu menjadi ruang kerja atau baca.

Di sisi lain, Anda dapat bermain-main dengan celah atau area yang tidak terpakai di dalam rumah. Biasanya ruang itu ada di area bawah tangga -- dinding bagian atas atau sudut ruang keluarga. Manfaatkanlah area itu dengan menciptakan rak tanam atau dikenal dengan rak "built-in" yang disesuaikan dengan luas ruang. Kesan rapi dan bersih terwujud dari jenis rak yang satu ini.

Sebagai tambahan dekoratif di area baca ini, Anda bisa menampilkan karpet bercorak cerah dengan bantal-bantal besar atau bangku "built-in". "Voila!" Jadilah ruang baca yang nyaman dan hemat ruang.

Diambil dari:

Judul koran : Kompas, Sabtu, 18 Februari 2012
Penulis artikel : AJG
Halaman : 62

Komentar