Gereja Mencari Jawab -- Kapita Selekta Sejarah Gereja | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Gereja Mencari Jawab -- Kapita Selekta Sejarah Gereja


Kategori: Resensi Buku Online, Umum

Judul asli : --
Penulis : Dr. Christian de Jonge
Penerjemah : --
Penerbit : BPK Gunung Mulia, Jakarta 1993
Ukuran buku : 21 x 18 cm
Tebal : 127 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 65/2010

Sejarah gereja dan latar belakang yang memberi jawaban kontekstual atas iman Kristen sangat penting untuk kita pahami. Dengan memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan keyakinan Kristen, kita seyogianya sanggup memberi pertanggungjawaban atas apa yang kita percayai.

Buku ini awalnya disusun untuk membantu mahasiswa teologi Stratum-1 dalam hal menambah pengetahuan yang tidak diberikan dalam kelas. Namun demikian, orang awam yang ingin mempelajari sejarah-sejarah gereja dan lahirnya berbagai macam denominasi pun pastinya akan sangat terbantu.

Isi buku dijelaskan ke dalam delapan bab yang secara garis besar menjelaskan tentang sejarah gereja yang dianggap rumit dan sulit dipelajari para mahasiswa teologi, yang meliputi: Konsili-konsili Oikumenis, Gereja dan Negara pada abad Pertengahan, Perbandingan Reformasi Luther dan Calvin, Pietisme. Selain itu buku ini juga menyediakan bab khusus yang membahas latar belakang beberapa gereja di Indonesia, gereja dan kebudayaan sepanjang masa, pengakuan-pengakuan iman, dan kontekstualisasi kekristenan. Dengan membaca buku ini Anda dapat mempelajari seluk-beluk gereja dan seolah Anda mengikuti kuliah online. Setiap bab selalu diawali dengan pengantar, karena itu Anda bisa memahami latar belakang perlunya pokok bahasan tersebut disajikan. Berbeda dengan buku-buku pada umumnya, kepustakaan dalam buku ini ditampilkan di awal bab -- bukan di belakang. Sayangnya, ada beberapa halaman yang tidak ditampilkan secara online mengingat buku ini masih berhak cipta. Namun demikian, pelajaran-pelajaran inti buku ini tetap masih bisa diikuti.

Buku ini bisa Anda baca di:

Nama situs : Google Buku
Alamat URL : http://books.google.co.id/
Tanggal akses : 2 November 2010
Peresensi : Sri Setyawati

Komentar