Eldercare for the Christian Family | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Eldercare for the Christian Family


Kategori: Resensi Buku Cetak, Lansia

Judul asli : --
Penulis : Timothy S. Smick, James W. Duncan, J.P. Moreland, Jeffrey A. Watson
Penerjemah : --
Penerbit : World Publishing, Amerika Serikat 1990
Ukuran buku : 16 x 23,5 cm
Tebal : 240 halaman
Sumber : Bahan non pub

Jumlah orang-orang yang berusia lanjut di beberapa daerah semakin banyak. Kemungkinan dari tahun ke tahun jumlah mereka secara global terus meningkat. Keadaan seperti ini tidak diragukan akan menimbulkan masalah yang perlu penanganan bijak baik dari keluarga maupun gereja. Bagi beberapa pribadi merawat orang tua merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Lebih-lebih fakta yang ada membuktikan banyak keluarga Kristen yang belum dipersiapkan untuk melaksanakan peran sebagai pengasuh orang tua.

Berawal dari pengalaman beberapa orang yang bergumul dalam merawat orang tua lahirlah buku "Eldercare for the Christian Family" yang disusun oleh Timothy S. Smick, James W. Duncan, J.P. Moreland, Jeffrey A. Watson. Bab-bab dalam buku ini mengisahkan beraneka ragam pengalaman beberapa orang yang merawat lansia dan meringkasnya dengan jelas di bagian akhir. Banyak sekali pelajaran penting yang bisa kita temukan dari buku ini. Pada bab pertama penulis meyakinkan bahwa merawat orang tua adalah sesuatu yang memang seharusnya kita lakukan. Apalagi firman Tuhan sendiri mengatakan agar kita menghormati ayah dan ibu kita. Pada bab ini pula Anda bisa membaca 5 cara merawat lansia. Berikutnya Anda akan dijelaskan tentang ajakan untuk merawat lansia seperti yang ditunjukkan dan dicontohkan dalam hubungan Yusuf dengan Yakub. Lansia adalah masa-masa ketika seseorang akan mengalami banyak kehilangan. Kehilangan kemampuan untuk melihat dengan jelas, mendengar dengan baik, bergerak dengan bebas, dan sebagainya. Namun, hal itu tidak berarti saat menginjak usia tua para lansia tidak bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat. Setelah membaca bab ke-3 Anda bisa menjadi motivator bagi lansia agar mereka tetap bersemangat menjalani hidup dan tetap berbuah bagi Tuhan. Selain itu, pada bab-bab selanjutnya penulis menyarankan Anda untuk memanfaatkan fasilitas panti wreda dan rumah sakit jika sekiranya Anda kesulitan untuk merawat lansia dengan kemampuan Anda sendiri. Bagaimana memilih tempat perawatan yang tepat untuk lansia, bagaimana berkomunikasi dengan lansia, bagaimana memulai pelayanan kaum lansia di gereja, dan lain-lain juga dipaparkan dengan lengkap dalam buku ini. Karena buku ini ditujukan untuk keluarga Kristen, maka penulis mendasarkan pemikiran dan penjelasannya pada ayat-ayat Alkitab.

Buku ini muncul untuk membantu mereka yang kepayahan dalam mengurus orang tua mereka yang tengah memasuki usia yang tidak muda lagi. Apalagi saat ini jumlah buku yang mengangkat tema lansia terbilang masih sangat terbatas. Jadi, karena Anda telah menemukan resensi buku ini, cobalah untuk mencari bukunya dan dapatkanlah manfaatnya bagi Anda.

Peresensi: Sri Setyawati

Komentar