e-Buku Genap Berusia Delapan Tahun! | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

e-Buku Genap Berusia Delapan Tahun!


Kategori: Artikel

Disusun oleh: Redaksi

Pada tanggal 17 November, publikasi e-Buku genap berusia 8 tahun. Sejak tahun 2005, kami mengalami berbagai tantangan dan anugerah Tuhan dalam mempersiapkan edisi-edisi yang kami kirimkan kepada para pelanggan. Untuk berbagi cerita dengan Pelanggan e-Buku yang telah menemani perjalanan pelayanan e-Buku, berikut ini kami sajikan sebuah artikel yang menceritakan tentang sejarah perkembangan publikasi e-Buku.

  1. Tahun 2005

  2. Publikasi e-Buku, yang dinaungi oleh Yayasan Lembaga SABDA < http://www.ylsa.org/ >, lahir dengan latar belakang keprihatinan akan kurangnya kesadaran masyarakat Kristen dalam membaca buku Kristen yang bermutu. Dengan menyajikan resensi buku, artikel, kiat-kiat, dan hal-hal seputar pelayanan melalui buku, diharapkan e-Buku dapat mengambil bagian dalam menciptakan komunitas masyarakat Kristen yang gemar membaca buku, dan yang rindu menjadikan buku sebagai alat penginjilan serta pendewasaan proses pertumbuhan rohani di dalam Kristus.

    Staf redaksi 2005: Puji, Endah, Ary.

  3. Tahun 2006

  4. Situs GUBUK (Gudang Buku) Online < http://www.gubuk.sabda.org > lahir untuk mewadahi arsip e-Buku dan menyediakan buku-buku yang bisa dibaca secara online dan bisa diunduh secara gratis.

    Staf redaksi 2006: Puji, Endah, Ary, dan Raka.

  5. Tahun 2007

  6. Menjalin kerja sama dengan beberapa penerbit buku Kristen.

    Staf redaksi 2006: Puji.

  7. Tahun 2008

  8. Menambah kategori baca online dan download di situs GUBUK Online.

    Staf Redaksi 2008: Puji, Ratri, dan S. Setyawati.

  9. Tahun 2009

    • Publikasi e-Buku merambah dunia Facebook.

    • Format informasi buku di setiap resensi buku e-Buku diseragamkan dan semakin dilengkapi.

    Staf Redaksi 2009: Ratri dan S. Setyawati.

  10. Tahun 2010

    • Selain para staf, pihak mitra dan pelanggan e-Buku juga ikut berpartisipasi menjadi kontributor peresensi buku.

    • Menjalin kemitraan secara aktif dengan beberapa penerbit Kristen, seperti Penerbit Momentum, Yabina, Yakin, Metanoia, ANDI, dan Gloria Graffa.

    Staf Redaksi 2010: Ratri, S. Setyawati, dan Ami Grace.

  11. Tahun 2011

    • Publikasi e-Buku mulai diterbitkan sebanyak dua kali dalam sebulan.

    • Ukuran publikasi e-Buku diperkecil untuk memudahkan para pelanggan mengaksesnya lewat HP.

    • Publikasi e-Buku bermitra dengan penerbit Lilin Kecil.

    • Publikasi e-Buku merambah dunia Twitter.

    Staf Redaksi 2011: S. Setyawati, Ami G., Samuel, dan Sigit.

  12. Tahun 2012

    • Pengaturan block di situs diperbaiki dan lebih menonjolkan buku-buku online pada halaman utamanya.

    • Mengembangkan e-buku.co dan e-buku.net untuk mempermudah pembaca dalam menemukan tautan-tautan artikel dan informasi seputar buku dengan lebih mudah.

    Staf Redaksi 2012: S. Setyawati, Ami G., dan Sigit.

  13. Tahun 2013

    • Grup Facebook Klub e-Buku SABDA mulai ditangani oleh Redaksi e-Buku. Buku pertama yang diangkat dalam diskusi e-Buku adalah "Membesarkan Anak dengan Kreatif", yang ditulis oleh seorang ahli pendidik, B. S. Sidjabat, yang diterbitkan oleh Penerbit ANDI, Yogyakarta.

    • Pemimpin redaksi e-Buku yang sejak tahun 2008 dipegang oleh Sdri. S. Setyawati kini digantikan oleh Sdri. Adiana.

    Staf Redaksi 2013: S. Setyawati, Amy G., Sigit, Ryan, dan Adiana.

Melihat perjalanan e-Buku selama delapan tahun, kami sangat menyadari dan mengakui bahwa pelayanan yang kami lakukan hingga saat ini hanya karena pertolongan Tuhan Yesus Kristus dan tidak lepas dari dukungan para Sahabat YLSA. Hingga kini, jumlah pelanggan e-Buku sudah mencapai 2.779 pelanggan. Jumlah penggemar Fanpage e-Buku sudah mencapai 4.601 orang, sementara follower Twitter berjumlah 400 pengikut. Di samping itu, e-Buku juga telah menyajikan lebih dari 300 resensi buku, baik buku cetak maupun elektronik.

Pada kesempatan ini, kami rindu mengajak sahabat, mitra, dan pelanggan e-Buku untuk terus mendukung e-Buku baik dalam doa, daya, data, maupun dana demi perkembangan e-Buku ke depannya.

Berikut ini pokok doa bagi publikasi e-Buku yang dapat kami bagikan.

  1. Pengembangan pelayanan e-Buku selanjutnya agar dapat terus memanfaatkan perkembangan teknologi dan informatika sebagai upaya mengajak masyarakat Kristen untuk mencintai buku dan memupuk budaya membaca bagi kemuliaan nama Tuhan.

  2. Kerja sama dengan mitra-mitra e-Buku dapat terus terjalin supaya dapat membagikan informasi-informasi seputar buku kepada pelanggan.

  3. Pengembangan situs GUBUK supaya lebih mudah diakses dan lengkap dengan bahan-bahan seputar buku yang berkualitas dan bermanfaat.

  4. Kebutuhan staf yang cinta akan buku dan literatur Kristen sehingga dapat terus mendukung perkembangan pelayanan e-Buku.

  5. Mempertahankan dan mengembangkan kegiatan diskusi buku untuk mendorong kecintaan masyarakat Kristen Indonesia terhadap kegiatan membaca.

Komentar