Buku Pegangan Pelayanan | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Buku Pegangan Pelayanan


Kategori: Resensi Buku Cetak, Resensi Buku Online, Konseling

Judul asli : The Billy Graham Christian Workers' Handbook A Layman's Guide for Soul Winning and Personal Counseling.
Penulis : Charles G. Ward
Penerjemah : Paul Hidayat
Penerbit : Persekutuan Pembaca Alkitab, edisi 4, 1986
Ukuran buku : 24 cn x 15 cm
Tebal : 282 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 09/2006

"Buku Pegangan Pelayanan" merupakan sebuah buku pedoman (manual) yang diperuntukkan bagi para pembimbing rohani Kristen. Semula buku ini disusun untuk pelayanan bimbingan lewat telepon. Isinya diharapkan akan menolong para konselor Kristen dalam memberikan bimbingan bagi konselinya. Itulah sebabnya mengapa buku ini sangat baik untuk dipelajari oleh para pembimbing Kristen yang terbeban untuk mengambil pelayanan bimbingan (konseling). Namun demikian, tentu saja buku ini juga cocok dibaca oleh siapa saja yang tertarik untuk mempelajari penerapan kebenaran Alkitab dalam problema hidup sehari-hari.

Yang paling menarik dari buku ini ialah bagaimana penulis berusaha menitikberatkan strategi bimbingan dengan menjawab persoalan mendasar yang dihadapi manusia. Ia tak sekadar menawarkan solusi praktis instan yang dangkal dalam setiap kasus yang dipaparkannya, melainkan berani menyatakan bahwa kebutuhan manusia akan Tuhan itulah yang paling esensial dari segala kebutuhan manusia.

Berbeda dari buku-buku konseling yang rumit dan terkesan berat, "Buku Pedoman Pelayanan" ini mampu mengemas sajiannya dengan cukup baik dan terkesan cukup ringan tanpa mengurangi bobot isinya. Dalam bab awal buku ini, dijelaskan bagaimana membimbing orang untuk datang kepada Kristus. Dipaparkan pula tahap-tahap mengapa manusia perlu diperdamaikan dulu dengan Allah. Nampak jelas bagaimana penulis sangat berfokus pada kelahiran baru sebagai langkah awal bimbingannya. Hal inilah yang kadang-kadang justru diabaikan oleh para pembimbing Kristen, yakni memfokuskan perhatian mereka kepada kebutuhan manusia akan Kristus.

Penulis percaya bahwa tidak ada kata-kata manusia yang dapat mengubah hati manusia seperti yang dapat dilakukan oleh firman Allah. Karena itulah, buku ini juga dilengkapi dengan ayat-ayat Alkitab yang secara khusus membahas masing-masing masalah. Strategi bimbingan yang digunakan dalam setiap kasus pun diawali dengan apa yang dikatakan Alkitab tentang masalah itu. Buku ini sungguh menawarkan lebih dari pendekatan psikologis semata melainkan dengan jelas mengajak pembacanya untuk melihat sebagaimana Allah melihat hidup manusia.

Sebagaimana lazimnya sebuah buku petunjuk, buku ini pun disajikan dalam bentuk per topik. Topik-topik yang dipilih adalah topik-topik yang paling sering muncul dalam pelayanan bimbingan. Mulai dari masalah yang dihadapi keluarga, remaja, anak-anak hingga berbagai masalah "self" dan dasar iman Kristen dipaparkan secara strategis dalam setiap babnya.

Buku ini juga meneguhkan dan menguatkan pembacanya untuk terus setia mendorong orang yang dilayaninya untuk menerapkan kebenaran firman Tuhan dalam bagian ALKITAB. Karena itulah, bila Anda seorang konselor Kristen atau seorang yang rindu dipakai Allah untuk menolong orang-orang dalam pergumulan masalah hidup mereka, buku ini bisa menjadi pilihan yang sangat layak direkomendasikan kepada Anda.

Buku elektronik ini dapat Anda baca di:

Nama situs : c3i.sabda.org
Alamat URL : http://c3i.sabda.org/
Unduh : http://www.sabda.net/

Peresensi: Silvi

Komentar