Berburu Buku | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Berburu Buku


Kategori: Kiat-kiat

Bagi pencinta buku, biasanya kendala terbesar adalah harga dan distribusi. Banyak buku bagus dan menarik yang ingin dimiliki, namun harganya mahal. Atau, ada juga yang sulit ditemukan karena memang sudah langka. Hal tersebut biasanya melanda pecinta buku-buku lawas yang cetakannya tidak diperbarui lagi, atau buku-buku yang distribusinya tidak sampai ke Indonesia. Catatan berikut ini sangat menarik untuk dicoba.

  1. Rajinlah mengunjungi toko buku saat "high season".

  2. Toko buku sering mengadakan pesta diskon yang biasanya diadakan dalam rangka cuci gudang pada akhir tahun. Diskon yang ditawarkan pun mulai dari 5 persen sampai 70 + 20 persen. Maka dari itu, sering-seringlah mengunjungi toko buku kesukaan saat "high season" yang terjadi pada awal dan akhir tahun, serta saat tahun ajaran baru (Juni -- Juli). Dalam pesta diskon ini, Anda bisa menemukan buku-buku lama (yang tentunya isinya tetap menarik).

  3. Perbaruilah informasi dari jejaring sosial toko buku dan penerbit.

  4. Mulailah berlangganan informasi dengan berkawan, mem-"follow" Twitter, atau menyukai (like) akun jejaring sosial toko buku favorit. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh informasi mengenai buku baru, stok buku, hingga pemesanan secara online. Dari sinilah, Anda mendapatkan informasi yang kredibel karena akun tersebut dikelola secara resmi oleh toko-toko dan penerbit buku tersebut.

  5. Jadilah anggota di toko buku online yang dapat percaya dan yang menyediakan kategori-kategori buku yang Anda sukai.

  6. Beberapa toko buku online menyediakan sistem anggota. Anda tinggal melakukan registrasi/pendaftaran secara gratis dan selanjutnya langsung masuk dalam database mereka. Dengan begitu, Anda akan mendapat kemudahan dalam pelayanan dan pemesanan. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan informasi terbaru tentang buku-buku yang baru saja terbit hingga penawaran menarik (tentunya diskon!). Beberapa toko buku online juga ada yang menyediakan layanan "print on demand", yakni bersedia mencetak sesuai pesanan pembeli.

  7. Manfaatkanlah forum diskusi yang membahas buku.

  8. Forum diskusi lebih bersifat berbagi informasi antarpecinta buku. Dengan bergabung dalam forum diskusi, Anda dapat menanyakan review buku, toko buku yang menarik, bahkan sesama pecinta buku dalam forum tersebut akan dengan senang hati menginfokan tempat-tempat yang menyediakan buku yang Anda cari. Pertemanan dalam forum ini juga dapat membantu Anda menemukan kawan yang bersedia bertukar buku, hingga mengajak Anda untuk terlibat dalam perkumpulan (gathering) komunitas pecinta buku.

  9. Kunjungilah pameran buku yang diadakan setiap tahun.

  10. Nah, yang terakhir adalah satu agenda yang tidak boleh dilewatkan oleh pemburu buku. Pameran buku merupakan surga bagi pecinta buku. Bermacam-macam penerbit, toko buku, bahkan sampai kios buku langka pun berkumpul di sini. Mulai dari buku lokal sampai internasional pun ada. Menariknya lagi, pameran buku yang diadakan selama beberapa hari ini selalu diramaikan dengan acara menarik. Sebutlah diskusi buku, peluncuran buku, workshop, hingga panggung hiburan.

Untuk Anda yang gemar menikmati buku-buku unik nan langka yang biasanya tidak tersedia di toko buku besar, ada beberapa daftar pasar, kios/kafe, dan toko buku alternatif yang menarik untuk disambangi.

Selamat menjadi pemburu buku ulung!

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : Urban's Note
Alamat URL : http://notes.urbanesia.com
Judul asli artikel : Tips Berburu Buku
Penulis : Mycel Pancho
Ta2nggal akses : 17 April 2013

Komentar