Bahasa Lambang Alkitab | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Bahasa Lambang Alkitab


Kategori: Alkitab, Resensi Buku Cetak

Judul asli : --
Penulis : W. Stuart Owen, P. A. Grist, dan R. Dowling
Penerjemah : --
Penerbit : Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, Jakarta 2003
Ukuran buku : --
Tebal : 127 halaman
Sumber : Pub. e-Buku edisi 11/2006

Sebelum mulai menggunakan buku yang akan membantu studi Alkitab Anda ini, Anda perlu terlebih dahulu membaca dua bagian pendahuluan yang di antaranya akan menjelaskan beberapa hal penting terkait dengan isi buku ini. Setidaknya, ada tiga alasan mengapa para penulis Alkitab menggunakan bahasa lambang (hal. 9--10). Ketiganya meliputi:

  1. banyaknya hal yang diinginkan Allah untuk kita ketahui dan hal-hal tersebut hanya dapat dijelaskan dalam bahasa lambang;

  2. ada bahasa lambang yang tidak dapat dipahami secara langsung sehingga menuntut kita untuk teliti mencari tahu maknanya;

  3. bahasa lambang dapat menyembunyikan atau menyingkapkan kebenaran.

Bersama dengan tiga alasan itu, dikemukakan pula beberapa jenis bahasa lambang yang digunakan dalam Alkitab (hal. 9--13). Bahasa-bahasa tersebut di antaranya berupa metonimia, sinekdoke, simile, hingga alegori. Bagian kedua menekankan hal-hal yang jauh lebih penting. Selain memberi sedikit gambaran mengenai cara mengenali bahasa lambang, para penulis juga mengemukakan bahwa sikap yang tepat dalam memahami Alkitab amatlah penting, mengingat segala metode pemahaman Alkitab akan sia-sia bila sikap hati atau tingkah laku kita tidak berkenan bagi Allah.

Para penulis ini juga dengan jujur mengemukakan tiga kelemahan buku ini (hal. 25). Banyaknya bahasa lambang yang digunakan di dalam Alkitab tidak memungkinkan para penulis untuk memuat bahasa-bahasa tersebut dalam buku yang singkat ini. Karena itu, mereka memfokuskan pada bahasa lambang yang sering digunakan saja. Kelemahan kedua yang mereka akui ialah bahwa terkadang bahasa lambang itu juga memiliki arti yang tumpang-tindih dan kata-kata dalam ayat tertentu juga terkadang dapat dikategorikan dalam lebih dari satu arti. Hal ini memaksa mereka untuk mengategorikan sesuai dengan yang mereka anggap tepat. Terakhir, mereka hanya mencantumkan sebagian rujukan untuk kata-kata yang memiliki banyak rujukan. Sebagaimana halnya kamus, buku ini juga memuat daftar singkatan dan petunjuk penggunaannya. Lambang-lambang yang bisa Anda temukan dalam buku kecil ini diantaranya "bukit, gunung", "Duri", "Lembah", "Pedang", atau "Raja Tirus" meski terbatas, buku ini jelas akan membantu Anda untuk memahami setidaknya empat ratus bahasa lambang dalam Alkitab. Dan tentu saja Anda pun akan semakin dibekali untuk mendalami kebenaran firman-Nya.

Peresensi: Raka

Komentar