Bagaimana Membentuk Klub Buku Online | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Bagaimana Membentuk Klub Buku Online


Kategori: Kiat-kiat

Ditulis oleh: Sri Setyawati

Di negara-negara yang memiliki empat musim, sebagian besar warganya sudah terbiasa dengan budaya membaca buku. Beda halnya dengan orang-orang yang hidup di Indonesia. Banyak orang masih malas untuk membaca buku, apalagi membeli buku dan memiliki perpustakaan keluarga. Dengan kenyataan yang seperti ini, tidak mengherankan jika keberadaan klub buku di Indonesia masih jarang ditemukan.

Pada era serba cepat dan limpah dengan informasi, serta menjamurnya bisnis online di internet, mungkinkah kita tetap bisa membentuk klub buku online, di tengah-tengah kendala/alasan, seperti kurangnya minat membaca, tidak adanya waktu untuk mengelola, dan tidak adanya dukungan dari pemerintah?

Jawabannya bisa! Keterbatasan ini mungkin akan menghalangi/menghambat upaya kita, namun ini tidak berarti bahwa kita selamanya tidak akan bisa membentuk klub buku. Bukan hanya mungkin, tapi pasti bisa! Lebih-lebih, setelah kita tahu bahwa keberadaan klub buku online itu memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi masyarakat.

Apa saja keuntungan dari klub buku online?

  1. Budaya membaca bisa ditumbuhkembangkan dari satu komunitas ke komunitas yang lain, bahkan dari berbagai latar belakang usia. Untuk bergabung dalam klub, setiap peserta wajib membaca buku. Dengan demikian, satu anggota keluarga membaca buku, anggota yang lain bisa "ditulari". Satu keluarga terbiasa membaca buku, seluruh kompleks tempat tinggal akan "ditulari", demikian seterusnya.

  2. Masyarakat terbiasa berpikir kritis. Dengan banyak membaca buku dan mendiskusikannya bersama, masyarakat akan terbiasa berpikir dari sudut pandang yang lain, tidak hanya terima jadi setiap informasi yang diberikan oleh seseorang.

  3. Wawasan masyarakat berkembang. Dengan bergabung dalam klub buku, masing-masing anggota akan memperoleh wawasan dari peserta lain. Otomatis, wawasan yang dimilikinya akan bertambah dan berkembang.

  4. Negara akan lebih maju. Orang-orang yang memiliki kebiasaan membaca, cenderung lebih cerdas dan kreatif. Dengan keberadaan masyarakat yang maju, maka negara pun akan maju.

Setelah melihat pentingnya membudayakan membaca dan membentuk klub buku, mengapa kita tidak mulai membukanya sekarang? Di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membentuk klub buku online.

  1. Ajaklah teman-teman di sekitar Anda untuk membaca buku. Tetaplah lakukan pertemuan, walaupun hanya ada 2 atau 3 orang anggota.
  2. Tetapkanlah waktu dan tempat pelaksanaan. Untuk tahap awal, Anda tidak perlu terlalu banyak mengalokasikan waktu dan bingung menentukan tempat. Lakukan pertemuan selama 30 menit/1 jam, sebulan sekali. Untuk pemilihan tempat, Anda bisa menggunakan tempat umum, atau "tempat nongkrong" yang mendukung kegiatan membaca.
  3. Mulailah membaca dan mendiskusikan buku-buku yang dimiliki, sehingga Anda dan anggota yang lain tidak perlu membeli buku. Jika perlu satu buku dibaca bergiliran.
  4. Sebarkan informasi ini ke teman-teman Anda yang lain. Anda bisa memberitakan informasi ini dari mulut ke mulut, atau dengan kertas undangan yang simpel dan menarik.
  5. Buatlah sebuah situs blog sederhana atau halaman Facebook untuk mendokumentasikan hasil diskusi dan buku-buku yang pernah diulas, sekaligus sebagai ajang memperkenalkan kegiatan ini kepada orang lain di dunia maya. Jangan lupa cantumkan waktu/jadwal pertemuan, alamat "tempat nongkrong" (base camp), dan nomor yang bisa dihubungi (contact person).
  6. Setelah klub Anda berkembang dan anggota Anda bertambah, mungkin ada baiknya untuk menentukan aturan klub secara formal. Namun, sebelum klub buku Anda dapat berjalan rutin, sebaiknya aturan-aturan tidak perlu terlalu ketat.

Nah, salah satu klub buku online yang dapat Anda ikuti adalah Klub e-Buku SABDA via Facebook grup dari Yayasan Lembaga SABDA < http://www.ylsa.org >, yang beralamat < http://fb.sabda.org/klubbuku >. Klub e-Buku SABDA, ditujukan bagi setiap orang Kristen yang gemar membaca buku, khususnya buku-buku Kristen, untuk saling berbagi berkat serta berdiskusi tentang isi buku-buku tersebut, dengan tujuan untuk mempelajari pengertian iman Kristen dengan lebih dalam. Klub e-Buku SABDA terbuka untuk umum, namun keanggotaannya terbatas. Setiap peserta yang ingin bergabung, harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan menunggu konfirmasi dari Admin YLSA.

Diskusi buku yang pertama, telah berlangsung pada bulan Agustus 2011 dan diikuti oleh 29 peserta. Pada bulan September 2011, klub e-Buku SABDA akan memasuki pembahasan buku kedua. Jadi, jika Anda berminat, segeralah daftarkan diri Anda kepada Admin FB YLSA di alamat < http://www.facebook.com/fb.sabda >.

Apabila Anda ingin memulai klub buku online, Anda bisa menggunakan buku-buku Kristen online, yang tersedia pada situs GUBUK (Gudang Buku Kristen) Online < http://gubuk.sabda.org/Baca_online >.

Sumber bacaan:

Grady, Maryellen. "How to Start An Online Book Club." Dalam
http://www.suite101.com/content/how-to-start-an-online-book-club-a69104.

Catatan:
Alamat URL tidak berfungsi

Komentar