Bagaimana Membaca Seluruh Buku dalam Sehari | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Bagaimana Membaca Seluruh Buku dalam Sehari


Kategori: Kiat-kiat

  1. Satu Buku Sehari

    Pastikan buku tersebut kira-kira memiliki 200-300 halaman. Jika Anda ingin mencoba membaca buku-buku tebal seperti "War and Peace" (yang tebalnya kira-kira 1500 halaman) tentu tidak mungkin. Namun, membaca buku tipis yang mudah dibaca seperti "Siti Nurbaya" dapat dilakukan dalam sehari.

  2. Selesai dengan Satu Buku

    Buatlah diri Anda senyaman mungkin. Pastikan Anda duduk di kursi yang nyaman dan sediakan secangkir teh atau kopi. Lingkungan yang tenang dan nyaman dapat membuat Anda semakin termotivasi untuk terus membaca.

  3. Jangan Terlalu Berlebihan

    Jangan mencoba untuk membaca buku hingga selesai dalam sekali tempo. Anda akan merasa sangat bosan, mata Anda akan merasa lelah, lalu Anda tidak bisa berkonsentrasi lagi.

  4. Makan, Baru Baca

    Bacalah buku di sela-sela waktu luang Anda. Contohnya, nikmatilah sarapan Anda terlebih dulu, kemudian membaca, mandi, lalu membaca lagi, kemudian berangkat ke kantor dengan kendaraan umum sambil membaca lagi. Anda paham, bukan?

  5. Manfaatkan Waktu Luang

    Berbicara soal naik kendaraan umum, perjalanan pulang pergi kantor merupakan waktu yang sangat tepat untuk membaca buku, khususnya jika perjalanan tersebut jauh. Bacalah buku Anda dalam perjalanan ke kantor, selama istirahat makan siang, dan dalam perjalanan pulang. Dan, satu buku pun selesai dibaca dengan mudah!

Yang Harus Diperhatikan

Untuk buku-buku nonfiksi, bacalah masing-masing paragraf sepintas lalu saja. Cobalah untuk membaca baris pertama dari masing-masing paragraf dan bacalah hanya bagian yang Anda anggap menarik!

Untuk buku-buku fiksi, membaca sepintas lalu tidak terlalu efektif karena Anda akan kehilangan alur ceritanya.

Bagilah buku Anda menjadi beberapa bagian dan selesaikanlah masing-masing bagian pada saat yang bersamaan. Sebagai contoh, sebuah buku dengan 300 halaman dapat dibagi menjadi 3 bagian yang masing-masing terdiri atas 100 halaman. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : e-How
Alamat URL : http://www.ehow.com/how_4701838_read-whole-book-one-day.html
Judul asli artikel : How to Read a Whole Book in One Day
Penulis : Kontributor e-How
Tanggal akses : 2 Agustus 2012

Komentar