Anda pun Boleh Membimbing | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Anda pun Boleh Membimbing


Kategori: Resensi Buku Cetak, Konseling

Judul buku : Anda pun Boleh Membimbing
Judul asli : Competent to Counsel
Penulis/Penyusun : Dr. Jay E. Adams
Penerjemah : --
Editor : --
Penerbit : Penerbit Gandum Mas, Malang 1986
Ukuran buku : 14 x 20,5 cm
Tebal : 140 halaman
ISBN : --
Buku Online : --
Download : --
Sumber : Pub. e-Buku 113/2012

Bayangkan jika Anda adalah seorang konselor yang didatangi oleh seorang konseli yang amat menderita karena masalah yang dihadapinya! Apa yang pertama kali terbesit dalam benak Anda? Tentu saja Anda akan berusaha mencari tahu akar dari masalah yang membelenggu konseli, bukan? Dimulai dari mana? Kebanyakan orang akan berpikir untuk menolong konseli berdamai dengan masa lalunya yang kelam, menemukan orang atau peristiwa yang membuat konseli mengalami tekanan mental, dan melimpahkan kesalahan pada mereka. Singkatnya, Anda memilih untuk cuci tangan. Jika itu jalan keluar yang Anda pikirkan, berarti Anda menempatkan konseli dalam bahaya besar, yaitu tidak mengenali dosanya sendiri dan mengabaikan perannya dalam menjerumuskan diri ke dalam masalah tersebut.

Mungkin hal ini terdengar agak aneh, apa hubungan pengakuan dosa dengan masalah psikologis? Bukankah seorang konseli adalah korban dari lingkungan? Dalam buku ini, Dr. Jay E. Adams tidak menganggapnya demikian, setiap orang bertanggung jawab atas dosanya, termasuk konseli yang datang kepada Anda. Melalui buku ini, Dr. Jay E. Adams mengajak pembacanya untuk memahami dasar-dasar konseling Kristen, melihat seorang konseli bukan dari kacamata pribadinya, melainkan dari sudut pandang Alkitab, dan menyelesaikan masalahnya dengan cara-cara yang alkitabiah. Buku yang terdiri atas 11 bab ini diawali dengan pembantahan atas teori-teori Sigmund Freud yang selama ini menjadi acuan dalam dunia psikologi dan cabangnya, psikiatri. Kemudian, dilanjutkan dengan bab-bab yang membahas tentang dasar-dasar yang sangat penting dan harus diketahui oleh orang-orang yang berminat dalam dunia konseling, misalnya akar utama dari setiap masalah yang dihadapi konseli, peranan Roh Kudus dalam konseling, dan langkah- langkah konseling Kristen.

Buku ini memuat informasi dan pengetahuan yang padat dan layak diketahui oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia konseling. Singkat kata, "Anda pun Boleh Membimbing" dapat menolong Anda yang benar-benar ingin menjadi semakin efektif dalam menolong konseli.

Peresensi: Yosua S. Yudo

Komentar