Agar Koleksi Kliping Tetap Terjaga | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Agar Koleksi Kliping Tetap Terjaga


Kategori: Kiat-kiat

Ada banyak alasan yang membuat orang mengoleksi berita-berita atau artikel dari koran dan majalah untuk dijadikan kliping, misalnya karena ada tugas untuk membuat sebuah laporan, ketertarikan pada topik tertentu (seperti pendidikan, sosial, budaya), atau karena ada berita tentang peristiwa yang nantinya akan menjadi bagian dari sejarah dunia.

Bagi mereka yang memiliki hobi mengkliping berita atau artikel dari koran dan majalah, tentu tak ingin koleksi-koleksinya makin hari makin kusam sebelum akhirnya rusak. Oleh karenanya, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga koleksi-koleksi tersebut.

  1. Menjauhkan seluruh koleksi tersebut dari sinar matahari menjadi langkah paling sederhana yang dapat dilakukan, demikian pula untuk tidak meletakkannya dalam hawa yang lembab. Selain membuat kertas menjadi tampak kusam, kedua hal tersebut lambat laun juga akan membuat kertas menjadi rusak.

  2. Usahakan untuk tidak melipat kertas di tempat lipatan karena kertas akan menjadi cepat aus dan sobek.

  3. Gunakan tempat khusus agar potongan kliping (kertas) bisa terhindar dari cipratan air dan hal lain yang mungkin bisa merusak. Bila perlu -- misalnya berita itu demikian penting untuk disimpan -- Anda bisa melaminating untuk menjamin keawetannya.

  4. Hindari penggunaan stapler atau penjepit kertas. Selain akan membekas di kertas, barang-barang tersebut jika berkarat akan meninggalkan noda di kertas, yang tentu tak sedap dipandang.

  5. Cermati kondisi-kondisi kertas tersebut secara rutin, seminggu atau sebulan sekali. Kalau ada yang kondisinya mulai memburuk, ada baiknya untuk membuat salinannya. Jika memiliki alat pemindai, Anda bisa "memindahkan" semua koleksi tersebut ke dalam bentuk digital. Memang akan memakan waktu yang lebih lama, tetapi dengan format ini kertas koran dan majalah tersebut akan lebih terjaga. Atau Anda bisa memotret koleksi tersebut dengan kamera digital, langkah ini tentu lebih mudah untuk dilakukan bukan?

Selamat mencoba.

Diambil dan diedit seperlunya dari:

Judul koran : Kompas, Klasika, Selasa, 28 Februari 2012
Penulis artikel : ASP
Penerbit : --
Halaman : 42

Komentar