Kitab-kitab Sejarah dalam Perjanjian Lama | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

Kitab-kitab Sejarah dalam Perjanjian Lama


Kategori: Resensi Buku Cetak

Penulis : David M. Howard Jr.
Penerbit : Gandum Mas, Malang
Ukuran buku : 15,5 cm x 23 cm
Tebal buku : 492 halaman

Dalam Kitab Yosua, Hakim-Hakim, dan Rut, kita menyaksikan penaklukan tanah Kanaan dan gejolak-gejolak peristiwa menuju pembentukan suatu kerajaan. Kitab Raja-Raja dan Tawarikh menggambarkan kejayaan dan kemerosotan dinasti-dinasti serta kerajaan-kerajaan. Kitab Ezra, Nehemia, dan Ester menggambarkan kehidupan Israel di negeri pembuangan dan kembalinya kaum sisa ke kota Yerusalem. Semua kitab itu diakhiri dengan catatan-catatan tentang peristiwa yang belum tuntas dan menunjuk ke depan, yaitu apa yang akan dilakukan Allah pada masa yang akan datang. Semuanya tidak akan mencapai klimaksnya sampai kedatangan Yesus, Mesias.

Ada dua belas kitab dalam Perjanjian Lama yang biasanya kita sebut kitab-kitab sejarah. Berbagai cerita di dalamnya menggambarkan kejadian-kejadian yang menegangkan dan sering kali merupakan kejadian yang luar biasa di mana kesemuanya membentuk sejarah Israel sebagai satu bangsa.

Melalui halaman demi halaman, Anda akan bertemu beberapa nabi besar, seperti Elia, Elisa, Yesaya, dan Yeremia, serta mengetahui betapa pentingnya tokoh-tokoh tersebut. Anda akan belajar tentang karya-karya besar mereka, budaya mereka, dan latar belakang mereka. Anda juga akan menemukan kekayaan pemikiran teologi di dalamnya. Meskipun kedua belas kitab sejarah dikemas dalam bentuk sejarah, namun di dalamnya mengandung berbagai tema teologis menegangkan, di antaranya:

  • kedaulatan Allah,
  • kesetiaan Allah menepati janji-Nya,
  • pemeliharaan ilahi,
  • perhentian bagi umat Allah,
  • pemujaan kepada Tuhan yang berasal dari batin,
  • ciri nubuat,
  • arti penting ketaatan, dan
  • kuasa doa.

Sementara menjelaskan berbagai dimensi dari kitab-kitab di atas, David Howard membuat kita menjadi lebih mengerti dan menghargai pesan-pesan dari kitab-kitab sejarah dalam Perjanjian Lama.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : Kerygma-online.com
Penulis : Tidak dicantumkan
Alamat URL : http://www.kerygma-online.com

Komentar