10 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca | GUBUK


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs GUBUK

Loading

10 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca


Kategori: Kiat-kiat

Tidak ada hal lain yang lebih penting dalam pencapaian akademis selain menjadi pembaca yang ulung. Para orang tua yang mengenal anak-anak mereka dengan baik seharusnya dapat menyediakan waktu dan perhatian khusus yang menuntun anak-anak mereka mencapai keberhasilan dalam membaca. Berikut ini adalah daftar cara untuk menolong anak-anak Anda menjadi pembaca yang efektif.

  1. Sediakan waktu secara rutin untuk membaca bagi anak-anak Anda setiap hari.
  2. Hasil studi menunjukkan bahwa membaca secara teratur dengan bersuara untuk anak-anak akan menghasilkan keuntungan yang signifikan bagi pemahaman dalam pembacaan, kosa kata, dan pembacaan kata-kata. Entah anak-anak Anda belum sekolah atau menjelang remaja, hal ini akan meningkatkan minat membaca secara mandiri.

  3. Kelilingi anak-anak Anda dengan bahan bacaan.
  4. Anak-anak yang dilengkapi dengan bahan-bahan bacaan yang banyak di rumah, biasanya akan mendapatkan nilai sekolah di atas rata-rata. Bujuklah anak-anak Anda untuk membaca menyediakan buku-buku dan majalah-majalah menarik sesuai tingkat baca mereka. Letakkanlah bahan-bahan membaca di mobil, kamar mandi, kamar tidur, dan bahkan di dekat TV.

  5. Milikilah jadwal membaca sekeluarga.
  6. Sediakan waktu 15-30 menit setiap hari bagi semua anggota keluarga untuk membaca bersama dalam hati. Setelah melihat Anda membaca, hal ini akan menginspirasi anak-anak Anda untuk membaca. Hanya dengan membaca 15 menit setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan kefasihan mereka dalam membaca.

  7. Kembangkan dan kreasikan aktivitas membaca.
  8. Buatlah kegiatan membaca sebagai bagian yang menyeluruh dalam hidup anak-anak Anda. Mintalah mereka untuk membaca menu-menu makanan, tanda-tanda lalu lintas, petunjuk permainan, laporan prakiraan cuaca, daftar jadwal film di bioskop, dan informasi praktis setiap hari. Selain itu, pastikan mereka selalu memiliki sesuatu untuk dibaca pada waktu luang mereka ketika mereka sedang menunggu seseorang atau saat sedang naik mobil.

  9. Kembangkan kebiasaan berkunjung ke perpustakaan.
  10. Bujuklah anak-anak Anda untuk membaca lebih banyak lagi dengan mengajak mereka ke perpustakaan umum beberapa minggu sekali untuk mendapatkan bahan-bahan bacaan yang baru. Pihak perpustakaan juga menawarkan program membaca bagi anak-anak dengan segala usia yang mungkin menarik bagi anak-anak Anda dan lebih dari itu, meningkatkan minat mereka dalam membaca.

  11. Ikutilah perkembangan membaca anak-anak Anda.
  12. Pastikan Anda tahu keterampilan membaca seperti apa yang diharapkan dalam tiap-tiap tingkat pendidikan anak-anak Anda. Kurikulum sekolah akan memberi informasi ini kepada Anda. Ikutilah hasil perkembangan dari keterampilan dasar mereka dalam membaca melalui buku rapor dan tes yang distandarisasi.

  13. Cobalah untuk mencari tahu permasalahan-permasalahan dalam membaca.
  14. Para guru tidak selalu dapat menemukan masalah-masalah yang dihadapi anak-anak dalam membaca, sampai masalah-masalah tersebut sudah terlanjur parah. Cobalah untuk mencari tahu apakah anak-anak Anda dapat mengucapkan kata-kata, mengenali kata-kata, menggunakan konteks bacaan itu untuk mengidentifikasi kata-kata yang tidak dikenal, dan memahami apa yang mereka baca dengan jelas.

  15. Carilah bantuan secepatnya untuk mengatasi masalah-masalah dalam membaca.
  16. Masalah-masalah membaca tidak secara ajaib bisa menghilang seiring berjalannya waktu. Semakin awal anak-anak mendapatkan pertolongan, semakin banyak kemungkinan mereka akan menjadi pembaca yang baik. Pastikan anak-anak Anda mendapatkan bantuan yang diperlukan dari para guru, pendidik, atau pusat pembelajaran, segera setelah Anda menemui masalah.

  17. Manfaatkanlah berbagai alat bantu untuk menolong anak-anak Anda.
  18. Untuk membantu anak-anak Anda meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca, gunakanlah buku pegangan, program komputer, format buku yang diaudiokan, dan bahan-bahan lain yang tersedia di toko-toko. Berbagai permainan, khususnya, bisa menjadi pilihan yang baik karena berbagai permainan tersebut dapat membuat anak-anak menikmatinya sembari mengasah kemampuan membaca mereka.

  19. Tunjukkanlah antusiasme Anda pada kegiatan membaca anak-anak Anda.
  20. Reaksi Anda memunyai pengaruh yang sangat besar terhadap seberapa keras mereka berusaha untuk menjadi pembaca yang baik. Pastikan Anda memberikan pujian yang tulus kepada mereka atas usaha-usaha mereka tersebut. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : FamilyEducation
Alamat URL : http://school.familyeducation.com
Judul asli artikel : Top 10 Ways to Improve
Reading Skills
Penulis : Peggy Gisler, Ed.S.
dan Marge Eberts, Ed.S.
Tanggal akses : 6 Januari 2012

Komentar